Minggu, 13 Februari 2011

Peranan Jaringan Komputer di Dunia Bisnis , Mobile User , Rumah tangga , dan Perbankan

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer , software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Tujuan dari jaringan komputer antara lain :

  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian komputer , CPU, memori , dan harddisk .
  • Komunikasi : Contohnya Surat elektronik , Instant Messaging , chatting .
  • Akses Informasi , contohnya web browsing

Adapun implementasi atau peranan jaringan komputer dalam berbagai bidang , antara lain :

a. Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis peranan jaringan komputer sangatlah berperan dalam komunikasi antara pebisnis salah satunya yaitu menghubungkan antara kantor pusat dengan kantor cabang yang berada di daerah yang berbeda menjadi lebih cepat dan sangat efisien .

b. Mobile user

peranan jaringan komputer pada mobile user saat ini sangat penting , selain dengan berkembangnya zaman maka pengguna hand gadget sekarang tidak hanya orang dewasa saja , para anak kecil pun sudah mengerti bagaimana cara menggunakannya . hand gadget tanpa kabel atau yang sering disebut dengan wireless pun sudah banyak kita jumpai . kita dapat terhubung dengan siapa saja hanya dalam genggaman kita . contohnya kita dapat mengakses email , sharing , dan yang lainnya dengan menggunakan handphone .

c. Rumah

jaringan komputer yang terdapat di rumah antara lain yaitu TV Cable , internet ,dan RT/RW net. .

d. Perbankan

dalam dunia perbankan ,jaringan komputer pun berperan dalam membantu nasabah dengan bank . contohnya penggunaan Automatic Teller Machine yang lebih dikenal dengan ATM , adapula E-banking , selain itu digunakan pula untuk datbase di bank dan mensinkronisasikan data dari kantor cabang ke kantor pusat bank .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar