Rabu, 28 Maret 2012

Tugas Open Source (Pengelolaan Proyek Sist.Informasi)

Dianjurkannya penggunaan software open source karena selain ketersediaan software yang gratis, para pengguna juga dapat memodifikasi atau mengembangkan software open source tersebut. Software open source ini dapat dimodifikasi dan dikembangkan sendiri dikarenakan kode program sudah disediakan oleh pengembangnya untuk umum dan secara terbuka dapat diambil oleh pengguna.

KEUNTUNGAN
  • Software bisa didapatkan secara gratis, jadi bisa lebih menghemat biaya.
  • Para pengguna dapat terlibat secara langsung dalam pengembangan program, karena sudah memiliki kode programnya.
  • Dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang dapat merugikan vendor software dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan.
KERUGIAN
  • Tidak ada garansi dari pengembangan
    Biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.
  • Masalah yang berhubungan dengan intelektual property
    Pada saat ini, beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatentkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa motede utama untuk menyelesaikan masalah software di patenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property.
  • Kesulitan dalam mengetahui status project
    Tidak banyak iklan bagi open source software, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan merketing.

    sumber :
    http://www.cyberkomputer.com/Komputer/pengenalan-dan-manfaat-menggunakan-open-source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar