Rabu, 11 April 2012

APJII, ID-CERT, dan ID-NIC

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau yang lebih sering disingkat dengan APJII didirikan pada tanggal 15 Mei 1996 di Jakarta. APJII memiliki beberapa tujuan, antara lain membantu anggotanya dalam menyedikan jasa internet yang berkualitas, memasyarakatkan internet dalam menunjang pengembangan SDM di Indonesia serta yang lainnya. Selain itu APJII juga menyelenggarakan aktifitas di lingkungan pengembangan industri internet dari anggota kepada anggota dan oleh anggota. aktifitas yang diselenggarakan biasanya seminar, workshop, training, penyebaran informasi, hingga turut aktif di program-program TI pemerintah dan dapat bekerjasama juga dengan pihak-pihak tertentu selama tidak bertentangan dengan AD/ART. APJII juga memiliki beberapa layanan diantaranya layanan IIX, layanan Internet Resources, dan layanan pembayaran domain.

Internet di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang sangat pesat, dulu internet hanya dapat dinikmati kalangan elit dan kalangan menengah keatas saja tetapi sekarang internet dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan tidak hanya untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan saja tetapi internet juga sudah masuk ke pedesaan. Untuk konten-konten di internet saat ini pun sudah banyak antara lain forum, e-mail, blog, dan portal pun sudah macam-macam tersedia. Indonesia juga memiliki 2 konten yang secara konsisten berada dalam peringkat 10 besar top website yaitu Detik.com dan Kaskus.
Dibalik dari majunya internet seperti sekarang ini ada pula dampak negatif dari internet. Dampak yang ditimbulkan dari berkembangnya internet yaitu banyaknya konten pornografi yang dapat memberikan efek negatif terutama untuk anak-anak dibawah umur, selain itu penipuan pun banyak terjadi melalui internet. Maka dari itu UU ITE sangat berguna untuk mencegah, melindungi, dan meminimalisi penyalahgunaan internet dan tindakan kejahatan yang terjadi di dunia maya dan kita sendiri pun harus pintar-pintar dalam memilih serta menggunakan konten-konten yang sesuai dengan kebutuhan kita.

ID-CERT atau Indonesia Computer Emergency Response Team adalah organisasi yang mengkoordinasi dan mengadvokasi tentang penanganan keamanan yang terdapat di Indonesia, contohnya ketika beberapa server di Indonesia di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tujuan didirikan dan dikembangkannya ID-CERT ini anatara lain untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang handal didalam bidangnya melalui pelatihan formal dan informal, menyediakan informasi akurat tentang keamanan internet, meningkatkan kesadaran tentang keamanan melalui pendidikan yang diberikan dan mekanisme lain.

ID-NIC atau Indonesia Network Information Centre adalah sebuah inisiatif yang didukung sepenuhnya oleh APJII dan bertujuan tersedianya pengelolaan informasi jaringan nasional yang berkelanjutan. ID-NIC ini mengembangkan fungsi dan perannya dalam menyediakan informasi jaringan di Indonesia, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam negri dan kepentingan masyarakat internasional.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar